Ad Code

Hubungi Admin SLB=>

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SLB MA'ARIF MUNTILAN

Pramuka

 Kegiatan Pramuka di sekolah pada umumnya dilaksanakan pada siang hari atau sore hari sebagai kegiatan ekstra kurikuler, namun di SLB Ma'arif, kegiatan Pramuka ini dilaksanakan setiap hari Sabtu dan pada jam pelajaran biasa (pagi). Mengapa demikian? Karena banyak hal dan pertimbangan yang mengharuskan kegiatan Pramuka dilaksanakan pada saat jam pelajaran pagi hari. Salah satunya adalah, bahwa kebanyakan siswa SLB Ma'arif Muntilan masih ditunggui orang tua, terutama kelas kecil (TKLB dan kelas I-III SDLB). Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah siswa SLB Ma'arif bukan dari daerah yang mudah dijangkau dengan jarak yang cukup jauh.


Keunikan yang lain pada kegiatan ini adalah para petugas upacara pembukaan Pramuka berasal dari berbagai kecacatan, baik tunanetra, tunarungu dan tunagrahita, sehingga ada penjadwalan khusus bagi para petugas. Peran guru kelas sebagai pengampu masing-masing anak sangat penting. 

Seperti kegiatan Pramuka di sekolah umum, materi kegiatan Pramuka juga cukup beragam, dan terjadwal dengan baik, sehingga siswa dengan segala keterbatasan dan kemampuan yang ada harus memahami materi yang disampaikan pembina Pramuka (guru). Di sini untuk kedua kalinya guru sangat berperan, karena guru kelaslah yang sangat memahami karakteristik dan kepribadian  setiap anak.
Lalu bagaimanakah dengan pembagian regu? Mungkin pertanyaan ini sering terbersit di benak Anda. Dari awal anak-anak sudah dibiasakan dengan banyak perbedaan dan hal itulah ternyata yang dapat mempersatukan mereka. Meski berbeda kecacatan secara fisik, tetapi dalam setiap regu tidak boleh hanya terdiri dari satu kecacatan. Anak tunanetra sudah terbiasa berkomunikasi dengan anak tunarungu atau pun anak tunagrahita, sebaliknya anak tunarungu harus bisa berkomunikasi dengan anak tunanetra atau anak tunagrahita. Prinsip itulah yang diterapkan dalam aktivitas kepramukaan. Saling melengkapi di antara ketidaksempurnaan, ternyata mampu menyatukan dalam perbedaan.
SLB Ma'arif juga setiap tahun mengirimkan regu untuk mengikuti lomba Pramuka atau kegiatan kepramukaan yang diadakan oleh Pramuka SLB tingkat Jawa Tengah, meski belum mendapatkan juara. (zuni)

Posting Komentar

0 Komentar